Pesona Aktivis Dakwah

Bila seorang juru dakwah diibaratkan dengan seorang petani, maka bidang garapnya adalah menabur bibit, mengolah tanah, memberi pupuk, air, menjaga bibit itu supaya cukup mendapat udara, dan sinar matahari, melindungi dari hama dan lainya. Adapun menumbuhkan bibit menjadi benih yang hidup adalah satu penciptaan yang terletak dalam kekuasaan Khaliq semata-mata, di luar kemampuan dan bidang usaha seorang petani.


Demikianlah, hidayah yang mencetuskan sinar iman adalah semata-mata karunia langsung dari Allah SWT. letaknya diluar jangkauan seorang pemaksa atas mereka. Tugasnya adalah meningkatkan "Inzar bil Qurán" mengingatkan dengan Al-Qurán, dengan yang terkandung dalam Al-Qurán dan dengan cara-cara yang ditunjukan oleh Al-Qurán "bil Qurán wa bithariqatihi"

Seorang mubaligh dalam mencari kekuatanya bukanlah pada alat-alat pemaksa dan teknik-teknik mempesona. Kekuatan seorang Juru dakwah terletak semata-mata pada kekuatan da'wahnya!. Dan kekuatan da'wah seseorang tergantung kepada kekuatan hujjahnya yang diterima oleh akal yang sehat, dan daya panggilnya yang dapat menjemput jiwa dan rasa, dan kedua-duanya ini bergantung kepada persiapan mentalnya serta persiapan ilmiahnya. Kaifiat dan adab dakwahnya.


disalin dari buku "Fiqhud Dakwah" Karya: Muhammad Natsir.


Posting Komentar

0 Komentar